Solusi Penyakit Tanaman

GLIO

Tanya : Tanaman cabai yang terkena penyakit patek buah dan bercak daun minta rekomendasinya.

Jawab : Patek dan daun bercak karena kondisi iklim yang mendukung perkembangan jamur. Untuk antisipasinya dengan Glio di tanah dan kocor bersama 1 sdm dolomit /pokok, kurangi bahan kimia.

 

Tanya : Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja?

Jawab : Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.

 

Tanya : Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana?

Jawab : Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2x seminggu , + sepertiga tutup aero / tangki.

 

Tanya : Untuk jamur upas pada karet yang sudah tanam ? 2 tahun sebaiknya menggunakan apa? Dan bagaimana aplikasinya, berapa hari sekali dan dosisnya? Dan Bagaimana dengan penggunaan Glio efektif atau tidak?

Jawab : 3 hr ? 1 minggu sekali, Jika melihat cara kerja dan hidupnya Glio hanya bisa di dalam tanah, dan akan mati jika terkena ultraviolet, sehingga tidak tepat jika disemprot ke daun karet bapak.

 

Tanya : BVR dan Glio apa bisa dicampur untuk penyemprotan tanaman coklat dan apa bisa mengendalikan hama PBK?

Jawab : BVR dan Glio bisa untuk mengendalikan PBK pada coklat, namun harus melakukan 4 langkah PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi , Pemupukan dan pengendalian hama dengan BVR, untuk Glio bisa dikocorkan di piringan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s